Pembelajaran Bahasa Arab dengan Menggunakan Teori Operant Conditioning untuk Siswa Kelas X SMA Aisyiyah 1 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7258Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan teori Operant Conditioning dalam pembelajaran bahasa Arab di SMA Aisyiyah 1 Palembang. Menggunakan pendekatan campuran (mixed methods), penelitian ini menggabungkan data kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis dampak penguatan positif dan negatif terhadap motivasi, keterlibatan, dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMA Aisyiyah 1 Palembang pada Tahun Ajaran 2023/2024, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan penguatan positif, seperti pujian dan penghargaan, serta penguatan negatif, seperti hukuman atau konsekuensi, terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Penerapan teori ini juga berperan dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, membantu siswa mencapai potensi akademik dan sosial mereka. Oleh karena itu, penelitian ini menyarankan agar penerapan teori Operant Conditioning lebih dimaksimalkan, dengan memberikan pelatihan kepada guru dan evaluasi berkala terhadap implementasinya.