Pembelajaran Bahasa Arab dengan Menggunakan Teori Operant Conditioning untuk Siswa Kelas X SMA Aisyiyah 1 Palembang

Authors

  • Mirza Nuriyah Universitas Islam Negri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Wasilah Wasilah Universitas Islam Negri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Enok Rohayati Universitas Islam Negri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Dini Fasa Nurhaliza Universitas Islam Negri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Nyayu Nadida Adlina Atthohiro Universitas Islam Negri Raden Fatah Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7258

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan teori Operant Conditioning dalam pembelajaran bahasa Arab di SMA Aisyiyah 1 Palembang. Menggunakan pendekatan campuran (mixed methods), penelitian ini menggabungkan data kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis dampak penguatan positif dan negatif terhadap motivasi, keterlibatan, dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMA Aisyiyah 1 Palembang pada Tahun Ajaran 2023/2024, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan penguatan positif, seperti pujian dan penghargaan, serta penguatan negatif, seperti hukuman atau konsekuensi, terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Penerapan teori ini juga berperan dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, membantu siswa mencapai potensi akademik dan sosial mereka. Oleh karena itu, penelitian ini menyarankan agar penerapan teori Operant Conditioning lebih dimaksimalkan, dengan memberikan pelatihan kepada guru dan evaluasi berkala terhadap implementasinya.

Published

2025-03-08

How to Cite

Nuriyah, M., Wasilah, W., Rohayati, E. ., Nurhaliza, D. F. ., & Atthohiro, N. N. A. . (2025). Pembelajaran Bahasa Arab dengan Menggunakan Teori Operant Conditioning untuk Siswa Kelas X SMA Aisyiyah 1 Palembang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 3051-3063. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7258