Strategi Kepemimpinan Dosen dalam Meningkatkan Manajemen Sumber Daya Manusia di Perguruan Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7268Abstract
Kurangnya perhatian terhadap peningkatan karir pemimpin akademik menjadi problematika, di mana jalur karir yang ada tidak memberikan kesempatan yang cukup untuk pertumbuhan dan peningkatan. Hal ini berpotensi menghambat kemampuan pemimpin akademik dalam menciptakan lingkungan yang mendukung inovasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dan menganalisis strategi kepemimpinan di perguruan tinggi sebagai upaya untuk meningkatkan manajemen sumber daya manusia (MSDM) dan kualitas pendidikan. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepemimpinan dosen berperan penting dalam meningkatkan manajemen sumber daya manusia (MSDM) di perguruan tinggi. Strategi yang efektif meliputi perencanaan, rekrutmen, pengembangan kompetensi, evaluasi kinerja yang objektif, serta penyusunan jalur karir yang sesuai dengan kebutuhan institusi. Hasil selanjutnya bahwa diperlukan penyesuaian model kepemimpinan yang dilandasi dengan pendekatan komunikasi (AIDDAS) Attention (perhatian), Interest (minat), Desire (hasrat), Decision (keputusan) Action (tindakan nyata) Satisfaction (kepuasan) untuk meningkatkan kinerja tim dan kolaborasi dalam menciptakan budaya organisasi yang positif. Temuan ini menunjukkan pentingnya strategi kepemimpinan dan pendekatan komunikasi yang efektif dalam meningkatkan kinerja tim dan kolaborasi antar dosen. Penelitian ini berimplikasi untuk meningkatkan efektivitas kepemimpinan di lingkungan akademik dalam peningkatan kepemimpinan yang berkelanjutan.