Pengaruh Kepuasan Kerja Guru dan Budaya Organisasi Sekolah terhadap Organizational Citizenship Behaviour Guru

Authors

  • Mowdi Vidiyanti Universitas Terbuka, Indonesia
  • Yuyun Elizabeth Patras Universitas Terbuka, Indonesia
  • Amalia Sapriati Universitas Terbuka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7299

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh preliminary research dengan menyebar kuesioner untuk perilaku Organizational Citizenship Behaviour (OCB) terhadap guru-guru sekolah dasar swasta di Pancoran Mas Depok ditemukan bahwa altruisme yang muncul 58%, consciuousness 56%, sportsmanship 58%, courtesy 53%, dan civic virtue 37%. Ini menunjukkan rendahnya  OCB di kalangan guru sekolah dasar. Sedangkan, dalam Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang tenaga pendidik menyatakan bahwa seorang guru profesional dituntut memiliki persyaratan diantaranya selain memiliki kualifikasi sebagaimana mestinya. OCB merupakan perilaku yang dalam menjalankan tugasnya tidak hanya sebatas melakukan dan menuntaskan yang biasa-biasa saja. Penelitian ini dilakukan pada guru jenjang sekolah dasar, khususnya  guru sekolah dasar swasta di 32 sekolah dengan 200 sampel hasil dari random sampling di Kecamatan Pancoran Mas, Depok. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan kuesioner. Instrument diuji validitasnya terlebih dulu dengan menggunakanPproduct Moment dan diuji reliabilitasnya dengan Cronbach Alpha. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda dengan menggunakan SPSS Versi 21. Hasil penelitian menunjukkan adanya: (1). Pengaruh Kepuasan Kerja Guru terhadap perilaku OCB; (2) Pengaruh budaya organisasi sekolah terhadap perilaku OCB;(3). Dan Pengaruh kepuasan kerja guru dan budaya organisasi sekolah secara bersama-sama terhadap OCB.

Published

2025-04-05

How to Cite

Vidiyanti, M. ., Patras, Y. E. ., & Sapriati, A. . (2025). Pengaruh Kepuasan Kerja Guru dan Budaya Organisasi Sekolah terhadap Organizational Citizenship Behaviour Guru. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(4), 3965-3973. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7299