10 Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika siswa melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di SMKN 1 Woja Tahun Pembelajaran 2018/2019

Syarifuddin

Abstract

Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMKN 1 Woja pada kelas X-TKJ. tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa kelas 37 orang yang terdiri dari 19 laki-laki dan 18 perempuan. Pengamatan terhadap siswa-siswa tersebut umumnya memiliki kecepatan pertumbuhan kemampuan akademik yang bervariasi juga rendah dalam ketrampilan sosialnya. Waktu penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019, dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh informasi bahwa Hasil tindakan dengan menerapkan model Pembelajaran Koperatif teknik STAD dapat meningkatkan hasil belajar dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yang rata-rata nilainya 60, daya serapnya 68%, Ketuntasan Klasikal 70% dan aktivitas yang kurang aktif pada siklus I, menjadi meningkat hasil belajarnya menjadi rata-rata nilainya 81, daya serapnya 84.45%, Ketuntasan Klasikal 88.37% dan aktivitas yang aktif pada siklus II. peningkatan aktifitas dalam proses penelitian ini dinilai pada keterampilan yang dimiliki siswa yakni: kerja sama,
tanggung jawab, mampu mengemukakan pendapat, mengajukan pertanyaan dan menghargai pendapat orang lain juga bepengaruh positif bagi perbaikan hasil belajar siswa.

Published

2019-12-30

How to Cite

10 Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika siswa melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di SMKN 1 Woja Tahun Pembelajaran 2018/2019: Syarifuddin. (2019). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2(3), 356-361. Retrieved from http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/73