Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7443Abstract
Kurikulum merdeka memberikan kebebasan bagi peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran serta memberikan otoritas lembaga Pendidikan untuk menunjang pembelajaran dan disesuaikan dengan lingkungan sekolahnya. Secara khusus, pendidik Harus dapat menyesuaikan, karena guru atau siswa adalah komponen kunci dari proses pembelajaran. Karena jika siswa tidak dapat menyesuaikan diri dengan perubahan kurikulum, mereka juga akan mengalami kesulitan, bahkan mungkin kesulitan, dalam memahami proses pendidikan yang berubah. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan memberi sedikit gambaran terkait implementasi kurikulum merdeka di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka di Sekolah Dasar khususnya SDN 5 Menteng Kota Palangka Raya telah dilaksanakan dengan baik dan sedang berlangsung. Meskipun masih ada tantangan dan kesulitan dalam pelaksanaannya, kepala sekolah dan para guru memiliki keinginan yang kuat untuk bekerja sama dan belajar lebih banyak tentang kurikulum ini. Sebagai kepala sekolah yang berperan sebagai pemimpin, sangat penting untuk mendukung para guru di sekolah agar dapat membantu para siswa menjadi lebih baik dalam jangka panjang melalui perubahan yang sedang terjadi dan memberikan pelatihan kepada para guru agar mereka dapat menerapkan perubahan tersebut dalam kurikulum yang ada.