Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Penelitian Pendidikan: Motivasi, Tantangan, dan Kepatuhan terhadap Etika Publikasi
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7482Abstract
Penelitian ini menganalisis penggunaan teknologi digital dalam penelitian akademik, dengan fokus pada motivasi, tantangan, dan kepatuhan terhadap etika publikasi. Melalui pendekatan kualitatif dengan Focus Group Discussions (FGD), penelitian ini melibatkan 18 akademisi, peneliti, dan mahasiswa pascasarjana dari berbagai disiplin ilmu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi digital digunakan terutama untuk meningkatkan efisiensi dalam pengolahan data, akses literatur, dan kolaborasi. Penggunaan perangkat lunak analisis data dan platform kolaboratif mempercepat penelitian dan meningkatkan produktivitas. Namun, tantangan utama meliputi keterbatasan keterampilan teknis, infrastruktur, serta pemahaman dan penerapan etika penelitian. Masalah etika yang sering muncul meliputi plagiarisme, manipulasi data, dan kurangnya transparansi dalam publikasi, terutama karena tekanan untuk menerbitkan cepat. Konflik terkait atribusi kepenulisan dan hak kekayaan intelektual juga ditemukan dalam penggunaan alat analisis otomatis dan platform kolaboratif. Meskipun sebagian besar peserta menyadari pentingnya etika publikasi, penerapannya masih terhambat oleh kurangnya regulasi yang jelas dan dukungan institusi. Namun, program pelatihan etika publikasi yang meningkat mencerminkan upaya memperkuat literasi digital dan kesadaran etika. Studi ini menegaskan bahwa teknologi digital berpotensi meningkatkan efisiensi penelitian akademik, tetapi tantangan teknis dan etika harus diatasi melalui kebijakan institusional yang lebih kuat dan pelatihan berkelanjutan.