Pengembangan Media Karajatif (Kartu Aksara Jawa Interaktif) untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Jawa Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.7491Abstract
Keterbatasan media pembelajaran interaktif dalam proses pembelajaran menyebabkan rendahnya keterampilan menulis siswa, khususnya dalam pembelajaran bahasa Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain pengembangan, menilai kelayakan, dan mengevaluasi efektivitas media Karajatif dalam meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa. Jenis penelitian yang digunakan Research and Development (RnD) dengan model Borg and Gall. Subjek penelitian terdiri dari 17 siswa SD Negeri 1 Grantung Purbalingga sebagai uji kelompok besar dan 9 siswa SD Negeri 2 Pekiringan Purbalingga sebagai sampel dengan teknik purposive sampling. Penelitian dilaksanakan pada Desember 2024–Januari 2025. Variabelnya yakni media Karajatif dan hasil belajar keterampilan menulis aksara Jawa siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes (pre-test dan postest) dan non tes, berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan uji normalitas, uji t, dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Karajatif sangat layak digunakan berdasarkan penilaian ahli materi dan media, serta didukung oleh tanggapan positif dari guru dan siswa melalui angket. Kebaruan penelitian ini terletak pada penggunaan PowerPoint interaktif dengan unsur visual, audio, dan edugame untuk meningkatkan pemahaman aksara Jawa. Media Karajatif terbukti efektif dengan peningkatan skor hasil belajar siswa sebesar 52,06, hasil uji t sebesar 0,000, dan skor N-gain 0,76 yang termasuk kategori tinggi. Dengan demikian, media Karajatif berhasil dikembangkan, dinyatakan sangat layak dan efektif untuk pembelajaran.