11 Implementasi model Pembelajaran Problem Posing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X di SMKN 1 Woja
Hanafi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X-TKR SMKN 1 Woja Tahun Pembelajaran 2018/2019 pada mata pelajaran Teknik Listrik dasar otomotif melalui implementasi model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution, adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan penetapan sampel terdiri atas 37 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh rerata hasil aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 15,21secara kuantitatif meningkat pada siklus II menjadi 22,46. Selain itu aktivitas belajar siswa sesuai dengan hasil pengamatan meningkat dari cukup aktif menjadi aktif pada siklus II. Selain itu Hasil Belajar siswa pada siklus I sebesar 62,43 meningkat menjadi 71,62 pada siklus II. Demikian pula daya serap pada siklus I sebesar 62,43% meningkat menjadi 71,62% pada siklus II dan persentase ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 64,86% meningkat menjadi 86,00% pada siklus II. Sesuai dengan hasil penilaian yang diperoleh dalam pelaksanaan Penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem posing pada mata pelajaran Teknik Listrik dasar otomotif kelas X-TKR SMKN 1 Woja Tahun Pembelajaran 2018/2019 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.