Implementasi Strategi Pembelajaran Koorperatif Model TPS (Think Pair Share) untuk Meningkatkan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7507Abstract
Penelitian ini membahas implementasi strategi pembelajaran koorperatif model Think-Pair-Share (TPS) dalam meningkatkan karakter siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model TPS dalam membentuk karakter positif siswa, seperti tanggung jawab, kerja sama, dan kepercayaan diri, serta meningkatkan pemahaman konsep Asmaul Husna. Penelitian ini menggunakan metode penilitian tindak kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan data pendukung kuantitatif yang dikumpulkan melalui observasi, kusioner, tes hasil belajar (pre-test dan post-test), dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TPS secara signifikan meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan nilai rata-rata 4,5 dari skala 5. Diskusi berpasangan membantu siswa memahami materi Akidah Akhlak dengan lebih baik, sebagaimana ditunjukkan oleh skor 4,5. Selain itu, siswa merasa lebih percaya diri saat menyampaikan pendapat (4,3) dan mampu menyampaikan konflik dengan bijaksana (4,4). Nilai-nikai aklak seperti jujur, tanggung jawab, dan peduli juga lebih mudah diterapkan setelah pembelajaran TPS dengan skor antara 4,4- 4,6. Penelitian ini membuktikn bahwa model TPS tidak hanya efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa secara kognitif, tetapi juga memperkuat aspek efektif dan karakter moral. Pembelajaran kooperatif berbasis TPS menciptakan suasana belajar yang aktif dan kolaboratif, di mana siswa dapat berfikir kritis, berkomunikasi dengan percaya diri, dan menginternalisasi nilai-nilai akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, model ini direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran yang relavan dan efektif untuk mendukung pengembangan karakter siswa pada mata pelajaran berbasis moral dan agama.