Penerapan Metode Qira’ah dalam Pembelajaran Keterampilan Reseptif Bahasa Arab
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7551Abstract
Penelitian ini mengevaluasi penerapan metode qira’ah dalam pembelajaran keterampilan reseptif bahasa Arab di SMAIT Insan Mulia Boarding School Pringsewu. Metode qira’ah difokuskan pada pengembangan kemampuan membaca dan pemahaman teks berbahasa Arab siswa secara efektif. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil menunjukkan bahwa metode qira’ah efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa serta membangun rasa percaya diri mereka dalam memahami teks. Keberhasilan ini didukung oleh kompetensi guru yang baik, lingkungan belajar yang kondusif, dan materi ajar yang relevan. Namun, penelitian juga mengidentifikasi beberapa kendala, seperti perbedaan tingkat kemampuan siswa dan keterbatasan bahan ajar dan kurangnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini menyarankan pengembangan bahan ajar modern, pelatihan guru, dan pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan efektivitas metode ini di masa mendatang.