Penerapan Metode Qira’ah dalam Pembelajaran Keterampilan Reseptif Bahasa Arab

Authors

  • Ardiansah Ardiansah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pringsewu, Indonesia
  • Moh Masrur Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pringsewu, Indonesia
  • Maya Aulia Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pringsewu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7551

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi penerapan metode qira’ah dalam pembelajaran keterampilan reseptif bahasa Arab di SMAIT Insan Mulia Boarding School Pringsewu. Metode qira’ah difokuskan pada pengembangan kemampuan membaca dan pemahaman teks berbahasa Arab siswa secara efektif. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil menunjukkan bahwa metode qira’ah efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa serta membangun rasa percaya diri mereka dalam memahami teks. Keberhasilan ini didukung oleh kompetensi guru yang baik, lingkungan belajar yang kondusif, dan materi ajar yang relevan. Namun, penelitian juga mengidentifikasi beberapa kendala, seperti perbedaan tingkat kemampuan siswa dan keterbatasan bahan ajar dan kurangnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini menyarankan pengembangan bahan ajar modern, pelatihan guru, dan pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan efektivitas metode ini di masa mendatang.

Published

2025-04-02

How to Cite

Ardiansah, A., Masrur, M. ., & Aulia, M. . (2025). Penerapan Metode Qira’ah dalam Pembelajaran Keterampilan Reseptif Bahasa Arab. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(4), 3589-3595. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7551