Pengelolaan Cyber Public Relations pada @pt_inka dalam Membangun Citra Baik Perusahaan

Authors

  • Inggrid Mahkota Defrilia Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
  • Nurudin Nurudin Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7552

Abstract

PT INKA (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang manufaktur kereta api terintegrasi pertama di Asia Tenggara.  PT INKA (Persero) memanfaatkan Instagram sebagai media publikasi informasi dengan tujuan membangun kepercayaan dari masyarakat sebagai BUMN yang bergerak di bidang manufaktur kereta api, Tujuan adanya penelitian ini untuk menganalisis bagaimana PT INKA (Persero) mengelola akun Instagram @pt_inka pada aktivitas cyber public relations dalam membangun citra baik perusahaan melalui konsep The Circular Model of Some. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil studi menunjukkan bahwa PT INKA (Persero) memiliki empat tahapan: berbagi, optimalisasi, mengelola, dan terlibat. Dengan demikian, pengelolaan media sosial Instagram @pt_inka dapat digunakan sebagai model untuk menerapkan kegiatan cyber public relations.

Published

2025-04-03

How to Cite

Inggrid Mahkota Defrilia, & Nurudin, N. (2025). Pengelolaan Cyber Public Relations pada @pt_inka dalam Membangun Citra Baik Perusahaan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(4), 3601-3608. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7552