Dampak Penerapan Model Problem Based Learning dan Berpikir Kritis untuk Meningkatkan Kemampuan Numerik Matematika
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7559Abstract
Perkembangan dunia pendidikan di Indonesia tidak lepas dari perubahan kurikulum tujuannya guna meningkatkan kualitas pendidikan. Pendidikan pada kurikulum merdeka menekankan pada kemampuan peserta didik memecahkan masalah yang sesuai dengan kehidupan. Pembelajaran problem based learning menuntut siswa untuk berpikir secara alamiah dalam menemukan solusi dalam permasalahan. Pembelajaran ini sangat cocok diterapkan pada SMK dikarenakan setiap hari yang dihadapi adalah permasalahan-permasalahan nyata. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan problem based learning dan kemampuan berpikir kritis untuk meningkatkan kemampuan numerik siswa. Penelitian menggunakan sampel 47 siswa kelas XII di SMKN 1 Bendo dengan menggunakan model eksperimen. Kelas dibagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian menggunakan dengan membandingkan mean dan analisis menggunakan uji beda independent sample tes. Hasil kelas kontrol memiliki peningkatan nilai 10,09% sedangkan kelas eksperimen memiliki peningkatan nilai sebesar 25,55%. Hasil uji independen sample tes juga memiliki nilai signifikansi 0,00 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penerapan model problem based learning dan berpikir kritis memiliki dampak yang signifikan untuk meningkatkan kemampuan numerik siswa. Penelitian ini berimplikasi pada penerapan problem based learning yang harus lebih diintensifkan dan disosialisasikan karena dampaknya sudah terlihat kearah baik.