Strategi Pengembamgan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Pembelajaran IPS dalam Membentuk Karakter Sosial Siswa di SMA Kota Semarang

Authors

  • Muhammad Asyam Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Suwito Eko Pramono Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Agustinus Sugeng Priyanto Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7571

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMA Kota Semarang. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain fenomenologi. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi dengan informan utama terdiri dari guru IPS, serta informan pendukung dari siswa dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang berorientasi pada tujuan pembelajaran kontekstual, pemetaan karakteristik siswa, metode variatif (diskusi, Problem-Based Learning, Project-Based Learning), penggunaan media interaktif, serta evaluasi yang berbasis analisis, mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa secara signifikan. Kesimpulannya, pembelajaran IPS yang dirancang secara aktif dan reflektif berkontribusi terhadap pengembangan kemampuan analitis siswa dalam menghadapi fenomena sosial. Oleh karena itu, strategi pembelajaran inovatif perlu terus dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan IPS di sekolah.

Published

2025-04-03

How to Cite

Asyam, M., Pramono, S. E. ., & Priyanto, A. S. . (2025). Strategi Pengembamgan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Pembelajaran IPS dalam Membentuk Karakter Sosial Siswa di SMA Kota Semarang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(4), 3637-3644. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7571