Hubungan Penggunaan TikTok dan Perilaku Sosial Islami Siswa MTs Al-Washliyah Tanjung Pasir

Authors

  • Zuhrufi Ihtimami Tanjung Universitas Al Washliyah Labuhanbatu, Indonesia
  • Maisaroh Ritonga Universitas Al Washliyah Labuhanbatu, Indonesia
  • Nursalimah Nursalimah Universitas Al Washliyah Labuhanbatu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7575

Abstract

TikTok menjadi salah satu platform media sosial yang populer di kalangan remaja dan berpotensi mempengaruhi berbagai aspek kehidupan mereka, termasuk perilaku sosial Islami. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara intensitas penggunaan TikTok dengan perilaku sosial Islami siswa MTs Al-Washliyah Tanjung Pasir. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian berjumlah 155 siswa yang dipilih menggunakan teknik stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara penggunaan TikTok dan perilaku sosial Islami siswa dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,204 dan signifikansi 0,011 (p < 0,05). Meskipun korelasinya tergolong rendah, hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan TikTok dapat berkontribusi terhadap perilaku sosial Islami siswa, terutama ketika konten yang diakses bersifat edukatif dan Islami. Namun, faktor lain seperti lingkungan keluarga, pendidikan agama, dan pengaruh teman sebaya juga turut berperan dalam membentuk perilaku sosial Islami siswa. Oleh karena itu, diperlukan pengawasan dan bimbingan dalam penggunaan TikTok agar dampaknya lebih positif bagi perkembangan karakter Islami siswa.

Published

2025-04-03

How to Cite

Tanjung, Z. I. ., Ritonga, M. ., & Nursalimah, N. (2025). Hubungan Penggunaan TikTok dan Perilaku Sosial Islami Siswa MTs Al-Washliyah Tanjung Pasir. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(4), 3690-3697. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7575