Pengaruh Pemberian Reward terhadap Kreativitas Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 10 Rantauprapat Kab. Labuhanbatu

Authors

  • Annisa Ulfa Tiara Universitas Al Washliyah Labuhanbatu, Indonesia
  • Nursalimah Nursalimah Universitas Al Washliyah Labuhanbatu, Indonesia
  • Maisaroh Ritonga Universitas Al Washliyah Labuhanbatu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7576

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap kreativitas belajar siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 10 Rantauprapat Kab. Labuhanbatu, penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dilaksanakan pada semester ganjil 2024-2025, instrument pengumpulan data dengan menggunakan angket/kuesioner, analisis data dengan menggunakan product moment. Hasil penelitian berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa nilai rxy = 0,663, dan angka tersebut terletak pada angka 0,61-0,80 yang yang berarti korelasi antara variable X dan variabel Y merupakan korelasi yang kuat, dan dari perhitungan hasil koefisien determinan diperoleh sebesar 43,96 %, hal ini menunjukan bahwasanya variabel X (Pemberian reward) telah memberikan pengaruh terhadap variabel Y (kreativitas belajar siswa) sebesar 43,96 %. Untuk menguji hipotesis, dilakukan analisis data melalui konsultasi tabel harga kritis dari “r” product moment. Dengan nilai “r” sebesar 38, pada tabel signifikansi 5% diperoleh data 0,2638. Karena rxy dan ro pada taraf signifikan 5% lebih besar daripada rtabel atau rt, maka pada taraf signifikan 5% hipotesis nol ditolak, sedangkan hipotesis alternatif diterima. Ini menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 5% terdapat korelasi positif yang signifikan antara pemberian reward dan kreativitas belajar siswa.

Published

2025-04-03

How to Cite

Tiara, A. U. ., Nursalimah, N., & Ritonga, M. . (2025). Pengaruh Pemberian Reward terhadap Kreativitas Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 10 Rantauprapat Kab. Labuhanbatu. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(4), 3698-3704. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7576