Pengembangan Media Pembelajaran Busy Book pada Materi Perkalian dan Pembagian Kelas III SD
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7581Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengenmbangan Research & Development yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran busy book SiBuk Kali Bagi dengan materi perkalian dan pembagian untuk kelas III SDN Kumpulrejo 01 Salatiga. Penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman serta minat belajar dan menguji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran busy book yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE, yang terdiri dari lima tahap : analysis, design, development, implementation, evaluation. Penelitian dilaksanakan di kelas III SDN Kumpulrejo 01 Salatiga pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Data dikumpulkan melalui lembar validasi media dan materi, angket respon guru dan peserta didik, serta pretest dan posttest. Hasil validitas media pembelajaran menurut ahli materi sebesar 85% dan ahli media 86,3% yang menunjukkan hasil yang valid. Angket respon guru dan peserta didik menunjukkan hasil skor 94% yang berarti media pembelajaran praktis digunakan. Keefektifan busy book “Sibuk Kali Bagi” dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai pretest dan posttest dengan hasil sig. < 0,05 yang menunjukkan efektivitas media pembelajaran. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa busy book “SiBuk Kali Bagi” memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.