Pengaruh Aktivitas UKM Resimen Mahasiswa Satuan 605 IAIN Palangka Raya Terhadap Karakter dan Keberhasilan Akademik Anggota

Authors

  • Siswandi Siswandi Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia
  • Gito Supriadi Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia
  • Abdul Gofur Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7592

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh aktivitas Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Resimen Mahasiswa (Menwa) Satuan 605 IAIN Palangka Raya terhadap karakter dan keberhasilan akademik anggota. Menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan Cross Sectional, penelitian ini melibatkan 30 anggota yang dipilih melalui total sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur tingkat aktivitas organisasi, karakter, dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas organisasi dan karakter anggota adalah 78 (kategori aktif dan baik), dengan aspek disiplin dan peduli sosial memiliki skor tertinggi. Distribusi IPK mengindikasikan 63,33% anggota memperoleh predikat Cumlaude, 36,67% predikat Sangat Baik, dan tidak ada anggota dengan IPK di bawah 3,00. Uji Pearson Product Moment menunjukkan hubungan kuat dan signifikan antara aktivitas organisasi dan karakter (r = 0,896, p < 0,05), sedangkan uji Spearman Rank menunjukkan hubungan sangat lemah dan tidak signifikan dengan keberhasilan akademik (r = -0,005, p = 0,977). Penelitian ini menegaskan bahwa aktivitas di UKM Resimen Mahasiswa berperan penting dalam pembentukan karakter mahasiswa, tetapi tidak secara signifikan mempengaruhi keberhasilan akademik. Oleh karena itu, diperlukan strategi manajemen waktu yang efektif serta dukungan akademik agar mahasiswa dapat menyeimbangkan keterlibatan organisasi dengan prestasi akademik mereka.

Published

2025-04-03

How to Cite

Siswandi, S., Supriadi, G. ., & Gofur, A. . (2025). Pengaruh Aktivitas UKM Resimen Mahasiswa Satuan 605 IAIN Palangka Raya Terhadap Karakter dan Keberhasilan Akademik Anggota. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(4), 4087-4094. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7592