Pengaruh Media Flashcard Suku Kata terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7598Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan media Flashcard suku kata terhadap kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di TK IT Izzuddin Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-eksperimental, menggunakan bentuk desain one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 14 anak usia 5-6 tahun di TK IT Izzuddin Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, sedangkan analisis data dilakukan menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca anak setelah menggunakan media Flashcard suku kata. Hal ini terlihat dari rata-rata nilai posttest yang lebih tinggi (89,29) dibandingkan dengan nilai pretest (61,29). Selain itu, hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai p = 0,001 (p < 0,05), yang mengindikasikan bahwa perbedaan sebelum dan sesudah perlakuan bersifat signifikan. Dengan demikian, penggunaan media Flashcard suku kata menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun.