Analisis Kemandirian Anak Usia Dini dalam Berbagai Aktivitas Sehari-Hari di Lingkungan Sekolah KB PAUD Harapan Bunda Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI

Authors

  • Indah Sari Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Akbari Akbari Universitas Sriwijaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7601

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemandirian anak usia dini (5-6 tahun) dalam aktivitas sehari-hari di KB PAUD Harapan Bunda, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten PALI. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui observasi partisipatif dan dokumentasi. Sampel penelitian terdiri dari 15 anak. Hasil menunjukkan tingkat kemandirian anak mencapai 80,60%, dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Rincian indikator meliputi aktivitas fisik 87,5% (BSB), kegiatan belajar 75,62% (Berkembang Sesuai Harapan), tanggung jawab 77,5% (BSB), disiplin 90% (BSB), kemampuan sosial 73% (BSH), dan pengendalian emosi 80% (BSB). Faktor yang mempengaruhi kemandirian antara lain lingkungan keluarga, kesempatan dari orang tua, dan pengalaman sosial. Kesimpulannya, tingkat kemandirian anak di KB PAUD Harapan Bunda sudah sangat baik, meskipun masih diperlukan peningkatan pada aspek belajar dan kemampuan sosial.

Published

2025-04-04

How to Cite

Sari, I., & Akbari, A. (2025). Analisis Kemandirian Anak Usia Dini dalam Berbagai Aktivitas Sehari-Hari di Lingkungan Sekolah KB PAUD Harapan Bunda Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(4), 3808-3814. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7601