Pengaruh Media Audio Visual terhadap Pengetahuan 4 Sehat 5 Sempurna pada Usia 5-6 Tahun di TK IT Izzuddin Palembang
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7602Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audiovisual terhadap peningkatan pengetahuan konsep 4 sehat 5 sempurna pada anak usia 5-6 tahun di TK IT Izzuddin Palembang. Menggunakan desain penelitian pre-eksperimental dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design, penelitian ini melibatkan 15 anak sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui pretest, perlakuan (treatment) menggunakan media audiovisual, dan posttest. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pengetahuan anak setelah diberikan pembelajaran menggunakan media audiovisual, dengan nilai signifikansi (2-tailed) = 0,000 < 0,005, yang mengindikasikan penerimaan hipotesis Ha. Dengan demikian, media audiovisual terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman anak tentang konsep 4 sehat 5 sempurna, karena metode ini menarik, menyenangkan, dan mudah diingat oleh anak usia dini. Implikasi dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media audiovisual dapat menjadi alat pembelajaran yang efektif untuk anak usia dini dalam memahami konsep kesehatan.