Pengaruh Live Streaming Shopping, Price Flash Sale, dan Hedonic Motivation Shopping terhadap Purchase Decision S-Commerce Tiktok Shop Produk Skincare
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7610Abstract
S-commerce terus berkembang seiring berjalannya waktu. Dengan aplikasi media sosial Tiktok yang menarik banyak pengguna, s-commerce menjadi sangat penting bagi banyak bisnis saat ini yang didorong oleh unsur kreativitas dan eksperimen. Kategori kesehatan dan kecantikan (skincare) di Indonesia menempati posisi teratas sebagai kategori terpopuler di Tiktok Shop karena didorong oleh strategi produksi skincare berdasarkan tren pengguna. Hal ini dapat bermanfaat bagi para pemilik bisnis kosmetik yang ingin berjualan. Penelitian ini mengkaji pengaruh live streaming shopping, price flash sale, dan hedonic motivation shopping terhadap purchase decision s-commerce pada produk skincare di Tiktok Shop. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif kausal dengan teknik purposive sampling pada 160 responden pengguna Tiktok. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala likert dan dianalisis menggunakan PLS-SEM melalui SmartPlus 4.1.0.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision. Temuan ini dapat menjadi rekomendasi strategi pemasaran produk skincare di Tiktok. Namun, volume promosi yang berlebihan dapat berdampak negatif pada purchase decision.