Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik melalui Model Project Based Learning Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Melhana Melhana Universitas Jambi, Indonesia
  • Maryono Maryono Universitas Jambi, Indonesia
  • Andi Gusmaulia Eka Putri Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7611

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Project Based Learning Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV Di SDN 80/I Muara Bulian. Penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa Model yang diterapkan secara bertahap mampu meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dari siklus ke siklus. Dimana ditandai indikator keaktifan belajar yang meingkat dari siklus I pertemuan pertama pada kategori kurang yaitu 66%, siklus I pertemuan kedua kategori cukup dengan persentase 74%, meningkat menjadi kategori baik yakni 81,5% di pertemuan satu di siklus II, hingga akhirnya naik menjadi kategori sangat baik dan mendapat persentase rata-rata 91% di siklus II pada pertemuan kedua. Hal tersebut membuktikan model PJBL yang diterapkan pada pembelajaran IPAS pada materi kekayaan budaya Indonesia dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik.

Published

2025-04-05

How to Cite

Melhana, M., Maryono, M., & Putri, A. G. E. . (2025). Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik melalui Model Project Based Learning Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(4), 3896-3902. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7611