Pengaruh Harga Tiket Murah dan Sosial Media Influence terhadap Minat Kunjung Wisatawan ke Negara di Asia Tenggara
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7621Abstract
Berwisata merupakan salah satu hal penting dalam kegiatan penunjang kehidupan. Setelah masa pandemic yang cukup Panjang membuat rasa ingin berwisata masyarakat menjadi tinggi. Keinginan ini juga di dukung dengan banyaknya pilihan harga maskapai penerbangan yang cukup rendah untuk berpergian ke negara tetangga. Selain harga yang cukup bersaing dari berbagai maskapai hal ini juga di dukung dengan banyaknya akun di media social yang membagikan tips dan trik serta pengalaman mereka berkunjung ke negeri tetangga di asia tenggara dengan metode Budget Traveler. Selain harga dan social media, aksesbilitas dan kemudahan visa juga menjadi factor pendukun tingginya minat wiatawan Indonesia untuk berkunjung ke luar negeri yaitu Asia Tenggara dengan memanfaatkan promosi dan kemudahan dari aksesbilitas dan harga yang di tawarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga tiket pesawat murah dan social media influence mempengaruhi minat berkunjung wisataran ke negara tetangga yaitu Asia Tenggara yang sedang banyak diminati sebagai lokasi tujuan wisata. Metode penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner ke beberapa orang yang berkunjung ke negara tetangga asia tenggara dalam jangka waktu 1 tahun terakhir, hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh dari variabel terpaan harga tiket dan social media influencer terhadap keputusan berkunjung wisatawan mancanegara ke Indonesia, dimana Ho ditolak H1 dan H2 diterima karena nilai F hitung yaitu sebesar 1,958. Sedangkan nilai signifikansi yang dihasilkan 0,000 lebih kecil dari 0,05. Variabel independent yaitu harga tiket dan social media influencer memiliki pengaruh secara simultan terhadap variable dependen yaitu keputusan pembelian.