Peran Filsafat Pendidikan dalam Membangun Sistem Pendidikan Terpadu (One Pipe Education System) di Ma’had Al-Zaytun, Indramayu
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7623Abstract
Penelitian ini membahas peran filsafat pendidikan dalam membangun sistem pendidikan terpadu melalui One Pipe Education System (OPES) di Ma’had Al-Zaytun, Indramayu. Pendekatan kualitatif digunakan dengan metode studi literatur dan wawancara untuk menganalisis implementasi OPES dan tantangan yang dihadapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan filsafat pendidikan dalam One Pipe Education System (OPES) di Ma’had Al-Zaytun memberikan kontribusi signifikan dalam membangun sistem pendidikan yang terpadu dan berkesinambungan. Filsafat pendidikan menjadi dasar dalam menyusun kurikulum yang mengintegrasikan ilmu pengetahuan umum, agama, dan keterampilan praktis dalam satu kesatuan yang kohesif. Dampak dari penerapan filsafat pendidikan dalam OPES terlihat dalam peningkatan kualitas pendidikan, baik dari segi akademik maupun karakter peserta didik. Penerapan metode pembelajaran yang menekankan pemikiran kritis, reflektif, serta integrasi nilai-nilai etika dan spiritualitas telah menciptakan lingkungan belajar yang lebih holistik. Namun, tantangan seperti kesenjangan antara teori dan praktik, serta faktor regulasi dan sosial, tetap menjadi aspek yang perlu diatasi untuk optimalisasi sistem ini.