Tinjauan Peraturan Ma’had Al-Zaytun dalam Pengembangan Pendidikan Muatan Lokal Perspektif Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2015 dan Siyasah Dusturiyah

Authors

  • Supriyono Supriyono Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia
  • Abdur Rahim Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia
  • Siti Ngainnur Rohmah Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7624

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tinjauan Peraturan Ma’had Al-Zaytun Dalam Pengembangan Pendidikan Muatan Lokal Perspektif Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2015 dan Siyasah Dusturiyah. Penulis menggunakan penelitian pustaka dengan pendekatan yang penulis gunakan adalah pendekatan penelitian hukum yang dilakukan secara yuridis normatif. Sumber data yang digunakan adalah Sumber data primer yaitu Peraturan Daerah nomor 8 tahun 2015 tentang pendidikan di Indramayu, buku yang berjudul Ilmu Hukum Dalam Simpul Siasyah Dusturiyah: Refreksi atas Teori dan Praktek Hukum Tata Negara di Indonesia karya Ali Akhbar Abaib Mas Rabbani Lubis, M.H.C dan Buku Al-Zaytun Sumber Inspirasi dan sumber data sekunder yaitu, buku, jurnal, dokumen, peraturan perundangan, dan sebagainya. Hasil penelitian menunjukan bahwa Tinjauan Peraturan Ma’had Al-Zaytun Dalam Pengembangan Pendidikan Muatan Lokal Perspektif Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2015 dan Siyasah Dusturiyah. 1) Di Ma’had Al-Zaytun, muatan lokal dikembangkan melalui integrasi seni, bahasa daerah, dan keterampilan berbasis kebutuhan lokal seperti pertanian organik dan pengelolaan lingkungan. 2) sesuai dengan ajaran Siyasah Dusturiyah. Contoh konkret dari pendekatan ini adalah integrasi pendidikan berbasis pelestarian lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam, yang tidak hanya relevan secara lokal tetapi juga mencerminkan tanggung jawab global.

Published

2025-04-05

How to Cite

Supriyono, S., Rahim, A., & Rohmah, S. N. . (2025). Tinjauan Peraturan Ma’had Al-Zaytun dalam Pengembangan Pendidikan Muatan Lokal Perspektif Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2015 dan Siyasah Dusturiyah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(4), 4075-4086. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7624