Peran Strategis Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan: Tinjauan Literatur
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7628Abstract
Komite sekolah memiliki peran strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui berbagai fungsi, seperti pemberian pertimbangan kebijakan, pengawasan anggaran, serta mediasi antara sekolah dan masyarakat. Namun, efektivitas peran ini masih menghadapi berbagai tantangan, seperti rendahnya partisipasi masyarakat, keterbatasan sumber daya, serta kurangnya pemahaman terhadap tugas dan fungsi komite sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran strategis komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui pendekatan literature review, dengan menelaah 20 artikel ilmiah yang relevan. Tahapan penelitian mencakup identifikasi sumber literatur, seleksi artikel berdasarkan kriteria inklusi, serta analisis tematik terhadap kontribusi komite sekolah dalam pengelolaan pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komite sekolah menjalankan lima peran utama dalam peningkatan mutu pendidikan, yaitu: (1) pemberi pertimbangan (advisory role); (2) pendukung dan penggerak sumber daya (supporting and resource mobilization role); (3) pengawas dan penjamin akuntabilitas (supervisory and accountability role); (4) mediator dan jembatan komunikasi (mediating and communication role); dan (5) pengembang mutu pendidikan (educational quality development role). Meskipun peran ini telah diakui dalam berbagai kebijakan pendidikan nasional, implementasinya di tingkat sekolah masih bervariasi. Oleh karena itu, diperlukan strategi peningkatan kapasitas komite sekolah, penguatan regulasi, serta optimalisasi kemitraan dengan berbagai pemangku kepentingan guna meningkatkan efektivitas peran komite sekolah dalam sistem pendidikan.