Strategi Penguatan Pendidikan Karakter Religius Peserta Didik melalui Kajian Kitab Turats di Pondok An-Nahdloh Selangor Malaysia
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7629Abstract
Pendidikan karakter merupakan fondasi krusial dalam membentuk generasi berintegritas. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas implementasi Kitab Akhlaqul Lil Banin dalam memperkuat karakter religius santri di Pondok An-Nahdloh, Selangor, Malaysia. Studi kasus kualitatif ini menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data, yang dianalisis melalui teknik penjodohan pola, eksplanasi, dan analisis deret waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengkajian Kitab Akhlaqul Lil Banin secara signifikan mentransfer nilai-nilai religius seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kepedulian sosial melalui teladan, pembiasaan, dan motivasi intrinsik. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan strategi pendidikan karakter berbasis kitab turats, meskipun terbatas pada satu lokasi. Penelitian lanjutan disarankan untuk memperluas cakupan studi dan mengkaji perbedaan perkembangan karakter antar santri.