Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning pada Materi Konfigurasi Elektron untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa

Authors

  • Sandi Sandi Universitas Jambi, Indonesia
  • Wilda Syahri Universitas Jambi, Indonesia
  • Diah Rizki Gusti Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7633

Abstract

Problem-Based Learning (PBL) yang diterapkan dalam media pembelajaran digital memberikan pendekatan inovatif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini mengembangkan e-modul yang dirancang untuk membantu siswa SMA memahami konfigurasi elektron melalui pembelajaran yang interaktif dan berbasis masalah. Dengan menerapkan model ADDIE—Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi—studi ini dilakukan di SMAN 7 Batanghari dengan partisipasi siswa fase E. Data diperoleh melalui validasi ahli, penilaian guru, serta respons siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa e-modul mendapatkan skor tinggi dari ahli materi (90,58%), ahli media (86,5%), dan guru (92%). Respons siswa juga sangat positif, dengan tingkat penerimaan rata-rata 88,79% pada fase E2 dan 88,24% pada fase E6. Analisis pre-test dan post-test mengonfirmasi peningkatan signifikan dalam keterampilan berpikir kritis siswa, dengan distribusi data yang teruji normal. Hasil penelitian ini menegaskan efektivitas e-modul berbasis PBL dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran kimia serta potensinya untuk diadopsi lebih luas dalam pendidikan digital.

Published

2025-04-05

How to Cite

Sandi, S., Syahri, W. ., & Gusti, D. R. . (2025). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning pada Materi Konfigurasi Elektron untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(4), 4054-4060. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7633