Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa

Authors

  • Nurzanah Nurzanah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Mawar Sari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7636

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berdiferensiasi terhadap keterampilan membaca permulaan siswa di Sanggar Bimbingan Belajar Kampung Baru Malaysia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II sebanyak 17 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi keterampilan membaca permulaan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan membaca permulaan siswa sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Rata-rata nilai keterampilan membaca permulaan siswa sebelum penerapan pembelajaran berdiferensiasi adalah 58,82, sedangkan setelah penerapan pembelajaran berdiferensiasi meningkat menjadi 84,58. Analisis data menggunakan paired t-test menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi efektif terhadap peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa di Sanggar Bimbingan Belajar Kampung Baru Malaysia.

Published

2025-04-05

How to Cite

Nurzanah, N., & Sari, M. . (2025). Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(4), 4042-4046. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7636