Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Usaha, Energi dan Pesawat Sederhana di Kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi

Authors

  • Devita Husnaini Universitas Jambi, Indonesia
  • Darmaji Darmaji Universitas Jambi, Indonesia
  • Dwi Agus Kurniawan Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7637

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui model discovery learning kelas VIII SMPN 22 Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B sejumlah 32 orang yang masih mengalami kesulitan dalam berpikir kreatif. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, yang ditunjukkan oleh peningkatan skor tes pada siklus I berada pada persentase 40,625% dan pada siklus II meningkat menjadi 78,125%. Dengan demikian, model discovery learning dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Published

2025-04-09

How to Cite

Husnaini, D. ., Darmaji, D., & Kurniawan, D. A. . (2025). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Usaha, Energi dan Pesawat Sederhana di Kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(4), 4129-4133. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7637