Anteseden Brand Loyalty pada Layanan Berlangganan Over The Top (OTT) Berbasis Video Streaming

Authors

  • Musafirah Haina Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trisakti, Jakarta, Indonesia
  • Asep Hermawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trisakti, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.764

Keywords:

Brand Experience, Customer Engagement, Emotional Brand Attachment, Brand Love, Brand Loyalty

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh brand experience, customer engagement, emotional brand attachment, dan brand love sebagai anteseden bagi brand loyalty pada industri layanan berlangganan Over the Top (OTT) berbasis video streaming. Prosedur pengambilan sampel yang digunakan untuk mengumpulkan data yang relevan adalah dengan penggunaan kuesioner dan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini dilakukan terhadap 320 responden yang merupakan pengguna aktif layanan berlangganan Over the Top (OTT) berbasis video streaming dalam enam bulan terakhir. Data dianalisis menggunakan metode SEM (Structural Equation Modelling) dan AMOS (Analysis of Moment Structure). Hasil pengujian menunjukkan bahwa brand experience berpengaruh positif terhadap customer engagement, tetapi tidak berpengaruh terhadap brand love. Temuan penelitian ini juga menunjukkan bahwa customer engagement berpengaruh positif terhadap brand loyalty. Selain itu, penelitian ini juga membuktikan bahwa emotional brand attachment berpengaruh positif terhadap brand love. Terakhir, ditemukan bahwa brand love berpengaruh positif terhadap brand loyalty. Melalui penelitian ini, dapat diketahui pentingnya bagi manajer layanan ini untuk mengembangkan strategi mempertahankan loyalitas konsumen. Tidak hanya dari segi kualitas konten dan aplikasi, tetapi juga bagaimana cara untuk bisa membuat konsumen merasakan brand sebagai identitas yang tidak tergantikan.

Published

2022-08-01

How to Cite

Haina, M., & Hermawan, A. (2022). Anteseden Brand Loyalty pada Layanan Berlangganan Over The Top (OTT) Berbasis Video Streaming. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2867-2876. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.764