Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Nilai-nilai Pancasila dan Kesadaran Sosial di Sanggar Bimbingan Aisyiyah Kampung Pandan Malaysia
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7640Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi model pembelejaran inkuiri dapat meningkatkan nilai-nilai pancasila dan kesadaran sosial di Sanggar Bimbingan Aisyiyah Kampung Pandan Malaysia. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Analisis data penelitian melalui tiga tahap yakni, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kurang memahami tentang arti pentingnya nilai-nilai pancasila dan kesadaran sosial didalam lingkungannya terutama lingkungan belajar dan keluarganya. Faktor utama penyebab siswa kurang memahami tentang arti pentingnya nilai-nilai pancasila dan kesadaran sosial yaitu kurangnya pengajaran oleh guru pada saat proses pembelajaran, kurangnya pembiasaan pengimplementasiannya dalam kegiatan sehari-hari, serta kurang memahami arti pentingnya nilai-nilai pancasila dan kesadaran sosial itu dalam lingkungannya. Penelitian ini memberikan rekomendasi tentang implementasi model pembelejaran inkuiri yang dimana siswa harus aktif dan kreatif pada saat melaksanakan pembelajaran, yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa guru hanya sebagai fasilitator.