Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Pengukuran di Kelas X
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7642Abstract
Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi guna meningkatkan efektivitas pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 2 Kota Jambi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan wawancara untuk mengukur peningkatan kemampuan pemecahan masalah serta motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL secara bertahap dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika, keterampilan berpikir kritis, dan motivasi siswa dalam belajar. Pembelajaran berbasis masalah memungkinkan siswa untuk lebih aktif dalam menemukan solusi, berdiskusi, serta menerapkan konsep fisika dalam kehidupan nyata. Selain itu, model PBL juga membantu siswa meningkatkan rasa percaya diri dan keterampilan komunikasi dalam menyampaikan ide serta argumen mereka. Dengan demikian, model PBL dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam fisika serta membentuk pola pikir ilmiah yang lebih baik.