Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7646Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Muaro Jambi yang terletak di Kelurahan Pijoan Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru. (2) Pengaruh iklim organisasi terhadap kinerja guru (3) Pengaruh kompetensi pedagogik dan iklim organisasi terhadap kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini tergolong pada jenis penelitian survey dengan menggunakan kuesioner atau angket, metode ini dipilih karena penelitian ini lebih mudah dilaksanakan menggunakan metode survei sehingga mempercepat proses penelitian. Populasi dan sampel pada penelitian ini yaitu yang terdiri dari 77 guru di SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan teknik sampling total/sensus sebagai teknik dalam pengambilan sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil perhitungan pada model summary diperoleh angka R Square sebesar 0,329 atau 32,9%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kompetensi pedagogik dengan kinerja guru sebesar 32,9%., (2) hasil perhitungan pada model summary diperoleh angka R Square sebesar 0,582 atau 58,2%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara iklim organisasi dengan kinerja guru sebesar 58,2%., (3) Berdasarkan hasil perhitungan pada model summary diperoleh angka R Square sebesar 0,667 atau 66,7%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara bersamaan antara kompetensi pedagogik dan iklim organisasi dengan kinerja guru sebesar 66,7%.