Problematika Proses Pendidikan Sekolah Dasar Negeri Salah Satu di Jombang
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7649Abstract
Penelitian ini membahas berbagai tantangan dalam proses pendidikan di salah satu Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Jombang serta strategi yang diterapkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala utama dalam pembelajaran mencakup kecanduan gadget pada siswa, keterbatasan waktu akibat kurikulum yang padat, perbedaan karakteristik siswa, serta kurangnya tenaga pendidik khusus. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, sekolah menerapkan berbagai strategi, seperti pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, penerapan metode pengajaran yang disesuaikan dengan karakter siswa, pendekatan humanis oleh guru, serta evaluasi dan observasi berkala. Selain itu, sekolah juga berupaya menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman serta meningkatkan keterlibatan orang tua dalam mendukung pendidikan anak. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pendidik dan pemangku kebijakan dalam menyusun strategi yang lebih efektif guna meningkatkan kualitas pendidikan dasar, khususnya dalam menghadapi tantangan di era digital.