Penggunaan Video Scribe untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Digital dan Menyimak Dongeng Siswa Kelas III

Authors

  • Alfathannia Kinanti Universitas Pendidikan, Indonesia
  • Sigmaidah Rohman Universitas Pendidikan, Indonesia
  • Ajo Sutarjo Universitas Pendidikan, Indonesia
  • Muhammad Hanif Universitas Pendidikan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.766

Keywords:

Multimedia Interaktif, Video Scribe, Menyimak Dongeng

Abstract

Pendidikan di abad 21 ini, penggunaan media pembelajaran akan menjadi menarik bila digunakannya media berbasis digital atau multimedia interaktif. Salah satu multmedia interaktif yang dapat digunakan dalam pembelajaran yaitu media Video Scribe. Video Scribe merupakan program applikasi yang didalamnya berisikan animasi tangan bergerak. Penelitian ini dilakukan di SDN Kedaleman 1 Cilegon. Peneliti menemukan permasalahan pada siswa kelas III yang sebagiannya masih kurang dalam menyimak dan paham tentang literasi digital. Maka solusi yang efektif yaitu dengan menggunakan multimedia interaktif atau video scribe yang diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan keterampilan  menyimak dongeng siswa dan dan dapat dihubungkan dengan keterampilan literasi digital siswa dalam mengenalkan media Video Scribe terhadap semua siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) pada siswa kelas III SDN Kedalaman 1 Cilegon yang berjumlah 24 siswa. Penelitian ini dilakukan 2 siklus yaitu  siklus I dan siklus II. Terdapat empat tahapan di setiap siklusnya diantarnya perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang di gunakan peneliti yakni lembar kerja siswa berupa tes, lembar observasi siswa dan guru. Pada saat melakukan penelitian, peneliti melihat siswa sangat antusias saat pembelajaran menggunakan media video scribe. Dan pembelajarannya menjadi lebih baik daripada hanya melakukan metode ceramah. Hal ini terlihat pada presentase nilai siswa sangat naik signifikan. Dari sebelum menggunakan media pembelajaran hasil belajar siswa pada keterampilan menyimak dongeng  hanya 46,7% setelah menggunakan media video scribe menjadi . Begitu juga dengan keterampilan literasi digital yang mengalami peningkatan sebesar 85%.

Published

2022-08-01

How to Cite

Kinanti, A., Rohman, S., Sutarjo, A., & Hanif, M. (2022). Penggunaan Video Scribe untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Digital dan Menyimak Dongeng Siswa Kelas III. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2835-2842. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.766