Implementasi Program Tahsin dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an di Primary Satit Phatnawitya School Yala Thailand
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7662Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam implementasi program tahsin dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur'an di Primary Satit Phatnawitya School Yala, Thailand dengan menerapkan metode talaqqi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan secara menyeluruh proses perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi dari program tahsin yang diterapkan di sekolah tersebut. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi langsung terhadap kegiatan pembelajaran, wawancara terstruktur dengan guru dan siswa, serta dokumentasi materi ajar dan hasil evaluasi. Evaluasi terhadap kemajuan siswa dilakukan secara lisan dan tulisan, dengan memberikan tes atau ujian yang dirancang untuk mengukur tingkat pemahaman dan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur'an dengan benar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program tahsin di sekolah ini memiliki dampak yang sangat signifikan dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur'an termasuk dalam pemahaman tentang tajwid, teknik membaca yang benar, pelafalan yang baik serta kefasihan dalam membaca.