Sistematic Literatur Review: Kecemasan Matematika Siswa terhadap Kemampuan Berpikir Kritis

Authors

  • Laily Choirotin Nisa Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia
  • Dwi Sulistyaningsih Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia
  • Eko Andy Purnomo Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7664

Abstract

Kecemasan matematika, yaitu perasaan tegang, takut, atau khawatir yang dialami siswa saat menghadapi matematika, telah menjadi isu penting dalam pendidikan karena berdampak negatif pada kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tren, jenjang pendidikan, dan jenis penelitian yang dominan dalam studi tentang kecemasan matematika dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya kemampuan berpikir kritis dalam menghadapi tantangan abad ke-21, di mana kecemasan matematika sering menjadi penghambat utama. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan pendekatan PRISMA, meliputi tahapan identifikasi, penyaringan, kelayakan, dan inklusi terhadap 10 artikel ilmiah terpilih yang terbit antara tahun 2021 hingga 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tren penelitian tentang topik ini meningkat signifikan, dengan fokus utama pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Jenis penelitian yang dominan adalah pendekatan kuantitatif, sementara penelitian kualitatif dan mixed-methods masih terbatas. Temuan ini mengindikasikan bahwa kecemasan matematika memiliki hubungan negatif dengan kemampuan berpikir kritis, terutama pada siswa SMA. Pembahasan juga menyoroti perlunya penelitian lebih lanjut di jenjang SMP dan perguruan tinggi, serta penggunaan metode penelitian yang lebih beragam. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan strategi pembelajaran inovatif guna mengurangi kecemasan matematika dan membantu peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa.

Published

2025-04-09

How to Cite

Nisa, L. C., Sulistyaningsih, D. ., & Purnomo, E. A. . (2025). Sistematic Literatur Review: Kecemasan Matematika Siswa terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(4), 4249-4257. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7664