Strategi Inovatif Guru dalam Menangani Perilaku Negatif Anak di TKC Educare Kuala Lumpur
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7665Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi inovatif yang diterapkan oleh guru dalam menangani perilaku negatif siswa usia dini di lingkungan taman kanak-kanak. Penelitian ini dilakukan di TKC Educare Kuala Lumpur dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Banyak faktor yang menyebabkan perilaku agresif pada anak, salah satunya adalah kurangnya perhatian orang tua dalam mengawasi tontonan kartun yang mengandung unsur kekerasan. Oleh karena itu, diperlukan kerja sama antara guru dan orang tua. Guru perlu lebih memperhatikan anak yang sering berperilaku negatif, sementara orang tua harus lebih selektif dalam mengawasi tontonan anak. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam menangani perilaku negatif anak dilakukan melalui berbagai metode yang disesuaikan dengan karakteristik anak dan pengaruh lingkungan sekitar. Salah satu metode utama yang digunakan adalah percakapan dan bercerita, di mana guru diharapkan dapat memberikan dorongan serta bimbingan kepada anak dalam menghadapi masalah internal maupun eksternal selama proses pembelajaran. Berdasarkan temuan penelitian ini, disarankan agar guru secara berkelanjutan melakukan refleksi terhadap strategi pembelajaran yang diterapkan. Guru perlu mengembangkan inovasi dalam menangani dan mencegah perilaku negatif anak dengan menitikberatkan pada komunikasi yang efektif antar siswa. Dengan demikian, pembelajaran dapat menjadi lebih bermakna dan menyenangkan, serta membantu anak dalam membangun karakter yang positif sejak usia dini. Kerja sama antara guru dan orang tua juga dapat membantu mengubah sikap anak yang sering berperilaku agresif menjadi lebih baik.