Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbasis Pendekatan Etnomatematika terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar pada Materi Bangun Datar

Authors

  • Erik Wijaksono STKIP PGRI Sumenep, Indonesia
  • Jamilah Jamilah STKIP PGRI Sumenep, Indonesia
  • Syaiful Bahri STKIP PGRI Sumenep, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7666

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis pendekatan etnomatematika terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Ambunten Timur II pada materi bangun datar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain Quasi Experimental, melibatkan kelas eksperimen yang menggunakan model PjBL berbasis etnomatematika dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Data diperoleh melalui pretest dan posttest serta dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji-t, dan perhitungan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan model PjBL berbasis etnomatematika terhadap hasil belajar siswa dengan peningkatan skor rata-rata sebesar 27,4% dibandingkan model konvensional. Dengan demikian, model pembelajaran PjBL berbasis etnomatematika dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar, khususnya pada materi bangun datar.

Published

2025-04-09

How to Cite

Wijaksono, E., Jamilah, J., & Bahri, S. . (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbasis Pendekatan Etnomatematika terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar pada Materi Bangun Datar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(4), 4196-4202. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7666