Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Pengembangan Profesional, dan Integrasi Teknologi terhadap Kinerja Guru MGMP IPA SMP di Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7667Abstract
Dalam era pendidikan yang terus berkembang, kinerja guru yang baik memegang peranan krusial dalam menentukan kualitas pendidikan sehingga guru perlu terus bertumbuh dan meningkatkan kinerjanya. Berbagai upaya dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru, termasuk dengan gaya kepemimpinan kepala sekolah, pengembangan profesional guru, dan integrasi teknologi dalam pembelajaran serta administrasi guru. Peneliti melakukan penelitian ini untuk melihat apakah kepemimpinan transformasional kepala sekolah, pengembangan profesional, dan integrasi teknologi berpengaruh terhadap kinerja guru di Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA SMP Kota Samarinda. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Adapun populasi penelitian ini adalah 250 guru, dengan sampel sebanyak 47 guru yang dipilih berdasarkan keaktifan guru dalam mengikuti kegiatan MGMP. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan kurangnya bukti bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh terhadap kinerja guru, pengembangan profesional memiliki pengaruh positif terhadap kinerja guru, dan kurangnya bukti bahwa integrasi teknologi berpengaruh terhadap kinerja guru MGMP IPA SMP Kota Samarinda.