Pengaruh Berpikir Kritis dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Swasta AL Washliyah 2 Perdagangan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7673Abstract
Penelitian ini menganalisis pengaruh kemampuan berpikir kritis dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa SMK Swasta AL Washliyah 2 Perdagangan. Metode kuantitatif dengan regresi linear berganda diaplikasikan pada data primer dari 60 responden siswa. Hasil menunjukkan bahwa: (1) Berpikir kritis berpengaruh tidak signifikan dan cenderung negatif terhadap prestasi belajar, diduga karena ketidaksesuaian antara pengukuran kemampuan kritis dengan kurikulum atau metode pembelajaran; (2) Fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan, menegaskan peran infrastruktur yang memadai dalam mendukung akademik siswa; (3) Analisis gabungan kedua variabel tidak signifikan, mungkin akibat interaksi yang belum optimal atau dominannya faktor eksternal (misalnya, motivasi). Implikasi praktisnya, sekolah perlu meningkatkan kualitas fasilitas belajar secara berkala, mengevaluasi integrasi berpikir kritis dalam pembelajaran, seperti melalui pelatihan guru atau penyesuaian materi. Temuan ini menyoroti pentingnya pendekatan holistik dalam meningkatkan prestasi belajar.