Pengaruh Penggunaan Media Realita terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Sanggar Belajar Pandan Malaysia

Authors

  • Nur Chairah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Dewi Kesuma Nasution Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7675

Abstract

Berdasarkan observasi di Sanggar Bimbingan ‘Aisyiyah Kampung Pandan, penulis menemukan bahwa beberapa siswa kurang aktif dalam belajar dan banyak yang tidak memahami materi yang diajarkan karena metode pengajaran guru yang hanya menjelaskan dan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media realita terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitain eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 21 siswa, menggunakan teknik total sampling. Data dikumpulkan melalui lembar observasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan media realita secara signifikan meningkatkan keaktifan belajar siswa. Siswa di kelas eksperimen yang menggunakan media realita menunjukkan keterlibatan dan pemahaman yang lebih baik terhadap konsep ilmiah dibandingkan siswa di kelas kontrol. Uji hipotesis menggunakan uji t menghasilkan nilai signifikansi 0,000, yang lebih rendah dari 0,05, sehingga hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Temuan ini menegaskan pentingnya metode pembelajaran yang interaktif dan kontekstual. Oleh karena itu, disarankan agar guru lebih aktif mengintegrasikan media realita dalam pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Published

2025-04-09

How to Cite

Chairah, N. ., & Nasution, D. K. . (2025). Pengaruh Penggunaan Media Realita terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Sanggar Belajar Pandan Malaysia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(4), 4326-4331. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7675