Pengembangan E-Modul Interaktif pada Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Siswa SD/MI
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7676Abstract
Penggunaan teknologi dalam pembelajaran diharapkan bisa meningkatkan pengetahuan peserta didik di pelajaran yang bersifat abstrak. Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul interaktif pada materi sistem pencernaan manusia yang layak dipakai pada proses pembelajaran di SD/MI. Studi ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D, yang mencakup empat tahap: define, design, develop, serta disseminate. Instrumen yang dipakai berupa lembar validasi ahli hingga angket respon guru dan siswa. Analisis data memakai skala Likert untuk validasi produk dan skala Guttman untuk respon peserta didik. Hasil validasi menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan berada pada kategori “Sangat Layak” dengan skor rata-rata 91,1% dari ahli materi dan 94,2% dari ahli media. Respon guru dan siswa terhadap e-modul juga sangat baik dengan perolehan masing-masing sebesar 91,8% dan 97,5%. Hasil analisis data menunjukkan secara keseluruhan e-modul interaktif yang dikembangkan ini sangat layak diimplementasikan di pembelajaran IPA di tingkat SD/MI, khususnya pada materi sistem pencernaan manusia. E-modul ini mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran serta mendukung pembelajaran mandiri. Peneliti selanjutnya dapat melanjutkan penelitian ini dengan melakukan uji efektifitas produk e-modul interaktif pada skala yang lebih luas.