Analisis Kebijakan Dinas Pendidikan Tentang Tunjangan Khusus dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMP Negeri Kecamatan Teor
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7711Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak kebijakan Dinas Pendidikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMP Negeri Kecamatan Teor. Material penelitian mencakup dokumen kebijakan, kuesioner, dan alat perekam wawancara. Sampel penelitian terdiri dari sekretaris Dinas Pendidikan, lima guru PNS penerima tunjangan khusus, dan kepala bidang kebudayaan. Metode kualitatif deskriptif digunakan dengan teknik wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Parameter yang diukur meliputi efektivitas kebijakan, motivasi guru, kualitas pendidikan, dan hambatan implementasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa kebijakan tunjangan khusus meningkatkan kesejahteraan dan motivasi guru, namun terkendala keterlambatan administrasi dan infrastruktur. Program beasiswa dan pelatihan meningkatkan kompetensi guru, meski akses terbatas. Penyediaan fasilitas belajar dan perbaikan infrastruktur juga menunjukkan hasil beragam, dengan masalah distribusi dan keterbatasan sumber daya. Faktor pendukung keberhasilan kebijakan meliputi komitmen dinas pendidikan, dukungan masyarakat, dan SDM berkompeten. Faktor penghambat meliputi keterbatasan infrastruktur, keterlambatan administrasi, dan minimnya pelatihan. Penelitian ini menyoroti pentingnya perbaikan implementasi kebijakan, peningkatan infrastruktur, dan administrasi yang efisien untuk mencapai hasil yang optimal. Dukungan komunitas lokal dan adaptasi kebijakan terhadap kebutuhan spesifik daerah juga sangat penting. Dengan memperbaiki implementasi kebijakan dan mengatasi kendala yang ada, kualitas pendidikan di Kecamatan Teor dapat ditingkatkan secara signifikan, berdampak positif pada hasil belajar siswa dan kesejahteraan masyarakat.