Transformasi Digital terhadap Kompetensi Guru dalam Pendidikan

Authors

  • Haza Triyunita Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Nuzul Yana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Muhammad Hakim Bachtiar Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Abdurrahmansyah Abdurrahmansyah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7715

Abstract

Transformasi digital dalam dunia pendidikan menuntut peningkatan kompetensi guru agar dapat mengadaptasi teknologi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh transformasi digital terhadap kompetensi guru serta tantangan yang dihadapi dalam penerapannya. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber akademik yang relevan. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif untuk mengidentifikasi pola, tren, serta kesenjangan penelitian sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi digital berdampak signifikan terhadap kompetensi pedagogik, sosial, profesional, dan kepribadian guru. Guru dituntut untuk menguasai teknologi dalam pembelajaran, meningkatkan keterampilan digital, serta beradaptasi dengan metode pengajaran berbasis teknologi. Namun, terdapat tantangan dalam implementasi, seperti kesenjangan digital dan keterbatasan akses terhadap teknologi. Untuk mengatasi tantangan tersebut, diperlukan pelatihan berkelanjutan, penguatan literasi digital, serta dukungan kebijakan pendidikan yang mendorong penggunaan teknologi secara optimal dalam pembelajaran. Peningkatan kompetensi digital guru berperan penting dalam menciptakan sistem pendidikan yang lebih inklusif, interaktif, dan responsif terhadap perkembangan zaman.

Published

2025-04-09

How to Cite

Triyunita, H. ., Yana, N. ., Bachtiar, M. H. ., & Abdurrahmansyah, A. (2025). Transformasi Digital terhadap Kompetensi Guru dalam Pendidikan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(4), 4364-4368. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7715