Penerapan Reward Asyik dalam Meningkatkan Minat Baca melalui Permainan Tebak Huruf di Paud Uma Kandung Tambarangan

Authors

  • Frida Feka Sekolah Pascasarjana, Universitas Panca Sakti, Bekasi, Indonesia
  • Sri Watini Sekolah Pascasarjana, Universitas Panca Sakti, Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.773

Keywords:

Reward Asyik, Meningkatkan Minat, Tebak Huruf

Abstract

Penelitian dilakukan untuk meningkatkan minat baca anak. Permainan tebak huruf di pilih karena permainan ini ketika digunakan, ada peningkatan dalam mengenal huruf yang berpengaruh dalam meningkatkan minat baca anak. Permainan tebak huruf ini di dukung dengan reward asyik, di mana ketika anak dapat menebak huruf yang di tunjukkan oleh pendidik, anak akan di beri reward asyik oleh pendidik bersama teman lainnya. Pemberian reward asyik ini, membuat anak antusias dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini sangat menyenangkan bagi anak, karena meningkatkan minta belajar anak. Terutama dalam penelitian ini minat baca anak. Dalam penelitian tentang penggunaan reward asyik ini, di lakukan dengan 2 siklus di mana tiap siklus ada 2 kali pertemuan. Ada beberapa tahap yang di lakukan dalam penerapan reward asyik ini yaitu: (1) Tahap perencanaan; (2) Tahap pelaksanaan; (3) Tahap pengamatan; (4) Tahap refleksi. Setelah melalui tahapan-tahapan ini, terjadi peningkatan minat baca anak yang sangat baik. Model bermain reward asyik ini, membawa dampak yang baik dalam kegiatan pembelajaran di lebaga Paud Uma Kandung Tambarangan.

Published

2022-08-01

How to Cite

Feka, F., & Watini, S. (2022). Penerapan Reward Asyik dalam Meningkatkan Minat Baca melalui Permainan Tebak Huruf di Paud Uma Kandung Tambarangan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2849-2854. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.773

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>