Problematika Pembelajaran Bahasa Arab dengan Metode Bernyanyi pada Anak Usia Dini

Authors

  • Nur Baiti Isnaini Agus Putri Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Eni Fariyatul Fahyuni Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7730

Abstract

Pembelajaran Arab sangat penting pada usia dini, terutama untuk anak -anak di lingkungan pendidikan Islam, untuk membangun fondasi yang kuat untuk memahami. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode vokal yang telah terbukti meningkatkan ingatan anak-anak dan minat belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi masalah yang muncul ketika belajar bahasa Arab menggunakan metode bernyanyi dan menemukan solusi yang benar untuk mengatasinya. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengamatan langsung, wawancara dan dokumentasi di Bayt al-Fath Tahfidz Kids Level 2 Foundation. Namun, ada beberapa hambatan dalam aplikasi, termasuk kesulitan dalam menyesuaikan siswa, materi lagu terbatas, kurangnya pemahaman dan dukungan untuk fasilitas, dan kurangnya partisipasi orang tua. Untuk mengatasi hambatan -hambatan ini, kami merekomendasikan penggunaan pengembangan lagu pendidikan yang berbeda, teknologi interaktif, pelatihan guru, dan partisipasi orang tua dalam pembelajaran di rumah. Saya berharap bahwa meningkatkan dan berinovasi metode pembelajaran akan membantu mengajar bahasa Arab bahwa itu lebih efektif dan menarik di masa kanak -kanak.

Published

2025-04-05

How to Cite

Putri, N. B. I. A. ., & Fahyuni, E. F. . (2025). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab dengan Metode Bernyanyi pada Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(4), 3955-3964. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7730