Meningkatkan Keterampilan Menceritakan Kembali Isi Fabel dengan Metode Demonstrasi dan Media Boneka Peserta Didik Kelas VII SMPN 16 Singkawang
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7732Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa dalam berbicara terutama dalam hal bercerita di depan kelas. Tindakan ini dilakukan oleh penulis melalui metode Demonstrasi dan media Boneka untuk meningkatkan keterampilan menceritakan kembali isi fabel. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan, implementasi, dan evaluasi hasil teks cerita fabel dengan metode yang digunakan metode Demonstrasi dan media Boneka. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas deskriptif. Penelitian ini dilakukan atas dua siklus. Tiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menceritakan kembali isi fabel dengan metode Demonstrasi dan media Boneka meningkat. Siklus I dari 28 siswa, 13 siswa tuntas dan 15 siswa tidak tuntas dengan persentase ketuntasan 46,42, sedangkan Siklus II dari 28 siswa, 20 siswa tuntas dan 8 siswa tidak tuntas.