Manajemen Akselerasi Asrama Informasi Teknologi untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan Nurul jadid

Authors

  • Abdurrahman Abdurrahman Universitas Nurul Jadid, Indonesia
  • Ahmad Yoga Pangestu Universitas Nurul Jadid, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7735

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen Akselerasi Asrama Informasi Teknologi untuk meningkatkan mutu pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pondok Pesantren Nurul Jadid. Sebagai respons terhadap perkembangan teknologi yang pesat, SMK berbasis pesantren ini mengembangkan Asrama Informasi Teknologi yang mengintegrasikan pendidikan agama dan pengembangan keterampilan digital. Penelitian ini menggambarkan pentingnya peran manajemen asrama dalam merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi program pelatihan berbasis teknologi, seperti pelatihan Rekayasa perangkat lunak, teknik komputer dan jaringan, dan Multimedia, untuk meningkatkan pengetahuan digital siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, lalu dianalisis dengan teknik reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan, serta diuji kebenarannya melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen asrama berbasis teknologi mampu menciptakan lingkungan belajar yang inovatif, memperkuat keterampilan digital, dan meningkatkan kesiapan Akselerasi menghadapi tuntutan dunia kerja. Penelitian ini memberikan perspektif baru mengenai optimalisasi manajemen asrama dalam membentuk generasi yang adaptif, berintegritas, dan memiliki keterampilan digital di lingkungan pendidikan pesantren.

Published

2025-04-05

How to Cite

Abdurrahman, A., & Pangestu, A. Y. . (2025). Manajemen Akselerasi Asrama Informasi Teknologi untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan Nurul jadid. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(4), 4032-4041. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7735